Introvert Yang Mengubah Dunia

Selama ini boleh jadi banyak kalangan akan memandang bahwa kepribadian seseorang yang introvert (pemalu dan tertutup) selalu negative. Tidak bisa bersosialisasi dengan lingkungannya alias kuper, jadul serta gaya yang low. Padahal orang yang dalam dirinya masuk dalam kategori introvert sebenarnya punya keuinikan tersendiri. Ada sebuah kekuatan tersendiri yang belum di ketahui. Orang yang introvert tidak sejatinya melulu bersikap menjadi sosok pendiam, mengurung diri, serta saat ini kepribadian yang identic dengan ‘kesendirian‘ ini bahkan dapat melakukan sesuatu, mampu melihat realitas social di balik sempitnya sebuah ruangan.
Di tengah derasnya arus modernisasi dan pasar dunia yang luas dan global. Orang-orang yang low profil ini atau introvert ini menjadi sebuah sosok yang perlu di perhitungkan. Serta menjadi lebih menggertakan dunia. Dengan kekuatan dan pikiran–pikiran cerdas mereka acapkali menjadi sebuah “hantu yang gentayangan dan menakutkan“ kalangan para extrovert (kebalikan introvert , terbuka ) yang di percaya sebagai orang-orang yang penuh akan ketegasan, pantang menyerah, kerja keras, dan cepat menyelesaikan persoalan.
Tetapi saat ini realitas social membuktikan hal yang terbalik menurut logika. Banyak di antaranya beberapa kalangan yang dengan kepribadian intovertnya, dapat menyaingi bahkan mengalahkan  orang-orang extrovert. Bisa menjadi sosok yang sukses dan namanya tersohor lewat keahlian nya. Tengok saja Bill Gates, penemu Microsoft yang menghabiskan banyak waktunya untuk bergumul dengan  program-program computer. Saking fokusnya dengan apa yang ia kerjakan. Ia jarang bertemu dengan orang dan melakukan interaksi social. Pria asal Washington ini semenjak kecil  menjadi sosok yang tertutup, Pendiam, dan kurang pergaulan, namun ia adalah anak yang cerdas di sekolahnya. Di usianya yang belasan tahun pula ia mencurahkan segala pikirannya hanya untuk computer semata . Tak disangka dengan karakter introvertnya namun itulah yang membuatnya menjadi sesorang yang sukses dan pernah merasakan menjadi salah satu orang terkaya dengan uang yang triliunan, dalam beberapa tahun ke belakang.
Selain sosok Gates ada pula pribadi lain yang introvert yaitu. Suhash Gopinath , yang merupakan pengelola website termuda dan terkaya di dunia. Di usianya yang baru 15 tahun, ia sudah menjadi  CEO dan presiden Global Inc. semenjak kecilnya ia menghabiskan waktu dengan ‘mainannya’ menelusuri source code dar . Ia sangat sederhana sebagai seorang pengusaha termuda di dunia. Bahkan masih tinggal bersama orang tuanya. Tidak seperti pemuda yang lainya, ia menjauhi hedonism jarang ke mall. Jauh dari kata pacaran dan nongkrong-nongkrong. Dia lebih suka bekerja keras menekuni dunia uasaha. Ibaratnya walaupun ia terasing di dunia yang nyata dalam realitas sosila masyarakat. Para introvert seperti memiliki dunianya sendiri , dan tidak di ketahui oleh orang lain. Sama halnya seperti Albert Einstein, Fisikawan abad 20.  Juga mengalami masa kecil yang tertutup di tambah lagi Einstein kecil lambat akan berpikir. Sampai-sampai ibunya sendiri menggapnya cacat. Bahkan dalam berbicara pun terbata-bata dan lambat. Einstein merupakan sosok introvert yang kutu buku, di tambah pula selalu mengurung diri di rumah. Sama halnya pula seperti Sir Isaac Newton. Ilmuan besar sepanjang abad. Bahkan lahirnya pun premature. Dengan tubuh yang mungil. Di sekolah sering di ejek dan pukul oleh temannya yang bertubuh lebih besar. Namun ia tetap belajar dengan giat. Sehingga akhirnya ia selalu menjadi bintang di kelasnya.
Selain itu pula banyak tokoh-tokoh introvert yang mengubah dunia lainnya. Di antaranya seperti Warren Buffet, Marck Zuckerberg sang pendiri Facebook, JK Rowling penulis novel Harry Potter, Larry Page C.EO Google, Carles Darwin, Mahatma Gandhi, Rose Parks dan tokoh sukses lainnya. Karakter –karakter introvert di atas sungguh luar biasa, dengan kekurangannya dapat di tutupi dengan segudang prestasi. Baik dari hoby, kecerdasan, pemikiran dan sumbangsih kerja kerasnya. Selain itu pula pribadi yang introvert tidak selalu melahirkan orang-orang yang membenci dirinya sendiri. Terdapat banyak cerita sukses yang telah di torehkan, yang mampu memajukan zaman. Terbukti cerita kemajuan sebuah peradaban banyak di hiasi pula oleh sosok yang introvert. Maka jangan sekali-kali meremehkan sosok pendiam. Yang secara diam-diam bak air yang tenang tiba-tiba berubah jadi arus yang kuat, cepat dan menenggelamkan.




Komentar

Postingan populer dari blog ini

Makna Idiomatik, Ungkapan, Majas dan Peribahasa

Macam-Macam Gelombang Elektromagnetik

10 Casting Terbaik Di Film Marvel