Inilah Wujud Ikan Hiu Pertama Di Muka Bumi



Sejumlah ahli palaentologi menemukan wajah pertama atau wajah asli ikan hiu di muka bumi ini seperti dilansir news.com.au baru-baru ini. Ikan hiu yang ada saat ini telah mengalami perubahan wajah (evolusi).
Wajah ikan hiu pertama itu diperkirakan wajah ikan hiu 419 tahun lalu. Ikan ini berenang di perairan China kala itu.
Wajah pertama ikan hiu itu merupakan hasil dari penemuan fosil ikan purba Entelognathus primordialis yang dianggap terkait dengan ikan hiu.
Penemuan wajah pertama ikan hiu itu dilansir di jurnal ilmiahNature. Penemuan itu telah menimbulkan debat di antara para ahli palaentologi, perihal ikan bertulang rawan (seperti hiu), dan ikan bertulang keras.
Para ahli pun memperdebatkan tulang rahang. Mereka menganggap penemuan fosil ikan itu adalah nenek moyang dari semua hewan berahang (gnathostomes) seperti ikan hiu kuno. Namun, tanpa tengkorak dan leher.

Lalu, para ahli palaentologi menggabungkan rahang atas, rahang bawah, dan tulang pipi ikan tersebut yang merupakan kepala ikan secara utuh.
Dari hasil penggabungan itu dipercaya bahwa itu adalah wajah ikan hiu pertama di dunia. Namun, para ahli tak menemukan gigi ikan hiu tersebut.
Min Zhu, seorang paleontolog dari Institute of Vertebrate Palaentology and Paleoanthropology di Beijing China mengatakan dia dan timnya menemukan fosil ikan hiu di di dekat kota Quijing, Yunnan, China bagian selatan.
“Penemuan fosil  Entelognathus membuktikan sesuatu yang lebih aneh dan signifikan,” kata Zhu.





Sumber

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Makna Idiomatik, Ungkapan, Majas dan Peribahasa

Macam-Macam Gelombang Elektromagnetik

10 Casting Terbaik Di Film Marvel